Jumat, 24 April 2015

Pemanfaatan Teknologi dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Rangkuman 





Teknologi baru diciptakan terus-menerus untuk memperbaiki kehidupan. Teknologi yang membuat hidup menjadi mudah justru mendukung timbulnya masalah besar yaitu pemanasan global. Oleh karena itu diperlukan teknologi yang berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat atau disebut teknologi tepat guna.

Beberapa contoh dari teknologi tepat guna yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Teknologi M-Bio Unsil, penggunaan pupuk kompos, hidrogel, teknologi penjernihan air, kompor gas, pemanas tenaga matahari, sistem hidrolistrik, sistem biogas, pompa kaki dan pompa pedal, dan lubang resapan biopori (LRB).

Pemanfaatan teknologi dalam perkembangannya memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif yang dihasilkan berupa kemudahan-kemudahan dalam setiap kegiatan seperti dalam bidang komunikasi dan transportasi, dimana setiap tahun muncul teknologi yang membuat masyarakat dapat berkomunikasi di berbagai belahan dunia manapun. Dalam bidang pelayanan kesehatan, terdapat penemuan-penemuan dalam teknik pencegahan dan pengobatan berhasil mengatasi penyakit dan memperpanjang harapan hidup umat manusia.

Dampak negatif dari perkembangan teknologi adalah perusakan dan pencemaran lingkungan serta pemanasan global. Pencemaran yang terjadi berupa pencemaran udara, air, tanah, suara, dan radiasi nuklir.


Referensi:
Abas, M., Endang Haris [et. al.]. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar