Minggu, 19 April 2015

Tips Membeli Tenda







Tenda adalah rumah para pendaki. Tenda yang nyaman membuat kegiatan beristirahat menjadi nyaman. Sekarang ini banyak sekali merek tenda yang ditawarkan beserta beragam fungsi, model dan jenisnya. Namun satu hal yang pasti, tenda yang nyaman adalah yang aman dan sesuai kebutuhan. Beberapa pertanyaan ini patut diajukan ketika Anda memutuskan untuk membeli tenda.

·         Apakah tenda tersebut mempunyai ketahanan terhadap air dan stabilitas terhadap kondisi cuaca buruk yang akan dihadapi?

·         Apakah ruangnya cukup bagi pengguna beserta peralatannya? Berdasarkan kapasitasnya (ketika akan membeli tenda, pastikan Anda menjajal tenda tersebut. Masuklah ke dalam tenda dan pastikan ruangnya cukup bagi Anda dan peralatan Anda).

·         Apakah mudah untuk didirikan? (Jangan hanya mendengarkan omongan penjualnya, suruh mereka untuk mendemonstrasikan cara mendirikannya).

·         Jika dibutuhkan, apakah vestibule (teras depan) cukup lebar? (Bayangkan jika vestibule kecil dan basah dengan kompor yang tengah menyala).

·         Apakah pintunya cukup untuk akses dan apakah mempunyai jendela atau ventilasi lainnya? Apakah bisa ditutup rapat?

·         Perhatikan dengan seksama material atau bahan tenda. Perhatikan juga waterproofing dari flysheet-nya.
·         Perhatikan jahitan dan sambungan pada tenda. Apakah jahitannya tidak lepas? Juga, apakah pada setiap jahitan sambungan tersebut diberikan lapisan waterproof?

Jawaban dari pertanyaan di atas dapat dijadikan dasar keputusan untuk membeli suatu tenda. Nah, selamat membeli tenda!


Daftar Pustaka:
Agustin, Hendri. 2006. Panduan Teknis Pendakian Gunung. Yoyakarta: Penerbit Andi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar