Minggu, 19 April 2015

Tips Mendirikan Tenda






Tenda yang baik adalah tenda yang dapat melindungi pemakainya dari segala macam cuaca ketika digunakan, memberikan keamanan dan kenyamanan. Tenda adalah rumah bagi para pendaki, sehingga kenyamanan di tenda sangat dibutuhkan untuk melepas lelah setelah seharian melakukan aktivitas pendakian. Berikut ini beberapa tips mendirikan tenda yang dapat Anda coba.

·         Jangan meremehkan perkiraan atau firasat Anda sendiri terhadap keadaan cuaca. Sore yang indah dan tenang bisa saja berubah cepat menjadi sore yang basah dan berangin kencang. Dirikan tenda dengan penuh pesimistis dan kewaspadaan akan cuaca, sehingga Anda akan mendirikan tenda dengan sebaik-baiknya.

·         Pelajari lokasi tempat mendirikan tenda. Hindari daerah atau tanah cekung yang akan segera menjadi telaga kecil di saat hujan. Juga, pastikan tidak ada ranting tajam dan batu runcing yang akan membuat lubang pada lantai tenda.

·         Cari tempat yang terlindung dari angin agar lebih hangat. Juga, tenda akan lebih bisa bertahan menghadapi cuaca buruk dibandingkan di tempat yang terbuka.

·         Pergunakan semua tali pengencang yang dimiliki oleh tenda. Tali pengencang tersebut tidak dibuat sebagai hiasan oleh pabriknya, melainkan bertujuan agar tenda tersebut berdiri kokoh sebagaimana mestinya.
·         Jika menggunakan batu sebagai pengaman tenda, gunakanlah yang besar agar lebih kuat bertahan dari terpaan angin.

Alam memang tidak dapat diprediksi. Kondisi cuaca dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Para pendaki diharuskan menyiapkan diri menghadapi kondisi di alam, dengan sebaik-baiknya dan tentunya dengan persiapan matang. Tenda yang kokoh merupakan salah satu upaya dalam menyikapi kondisi alam yang senantiasa berubah tak dapat diprediksi. Selamat berkemah!




Daftar Pustaka:

Agustin, Hendri. 2006. Panduan Teknis Pendakian Gunung. Yoyakarta: Penerbit Andi.
https://malsaholidays.files.wordpress.com/2013/11/8984682445_0501bca4a8_o.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar